Cara Menggunakan Kompos Pada Tanaman

Beginilah Cara Menggunakan Kompos Pada Tanaman Yang Tepat

Teman teman yang suka berkebun atau bertani pastinya sudah tidak jarang menggunakan kompos sebagai pupuk pembantu penunjang kualitas yang dimiliki tanaman. Tapi apakah teman teman sudah melakukan pemupukan dengan baik dan benar? kali ini kita akan bahas mengenai cara menggunakan kompos pada tanaman dengan tepat.

Cara Menggunakan Kompos Pada Tanaman

Menggunakan kompos pada tanaman dengan baik dan benar akan memberikan efek yang baik untuk tanaman. Berikut ini cara menggunakan kompos pada tanaman yang baik yang bisa kalian jadikan panduan pada saat  melakukan penanaman.

1. Memilih Kompos Yang Tepat

Menggunakan kompos untuk tanaman akan lebih baik jika kalian mengetahui terlebih dahulu jenis kompos seperti apa yang tanaman kalian butuhkan dan cocok dengan penggunaannya dengan kalian. Karena setiap jenis kompos memiliki bahan pembuat yang berbeda dan juga bentuk yang berbeda, ada yang cair dan juga ada yang padat kalian bisa sesuaikan dengan kebutuhan kalian.

2. Aplikasikan Kompos Secara Merata

Cara mengaplikasikan kompos secara merata ini juga tergantung kompos yang kalian gunakan. Apabila kalian menggunakan kompos padat kalian bisa mengalikasikannya dengan menabur rata pupuk kompos ke tiap sisi tanaman. Cara menabur sangat cocok untuk pemberian pupuk kompos pada tanaman cabe.

Apabila kalian tim pengguna kompos cair, kalian bisa menggunakannya dengan cara kalian mencampurkan pupuk cair dengan tanah yang kalian gunakan untuk menanam tanaman. Atau jika kalian ingin menggunakannya dengan cara di semprot, kalian bisa menggunakan alat penyemprot  lalu kalian semprotkan ke tiap sisi tanah, atau kalian semprotkan pada daun tanaman.

3. Menggabungkan Dengan Pupuk Lain

Kita semua mengetahui bahwa kompos merupakan pupuk organik yang baik untuk memperbaiki struktur tanag, tapi pupuk kompos tidak mengandung semua nutrisi yanng dibutuhkan tanaman. Oleh karenanya kalian bisa gabungkan pupuk kompos organik dengan pupuk anorganik namun rasio pupuk organik lebih banyak daripada pupuk organik.

4. Mengaplikasikan Kompos Pada Tanaman Secara Berkala

Pemberian kompos pada tanaman kalian secara berkala artinya sebisa mungkin kalian melakukan pemberian pupuk kompos kepada tanaman kalian dengan rutin. Untuk tanaman hias kalian bisa memberikannya setiap 4-6 minggu sekali. Intinya kalian melakukan pemberian pupuk dengan rutin sesuai dengan jenis tanaman yang kalian punya.

5. Gunakan Tanpa Harus Berlebihan

Menggunakannya dengan berlebihan juga tidak baik, karena akan terjadi penahanan air yang dimana akan membuat akar tanaman kekurangan oksigen apabila dilakukan secara berelbihan, hal itu juga bisa menyebabkan pembusukan pada tanaman.

6. Pemilihan Waktu Saat Mengaplikasikan Kompos

Memilih waktu mengaplikasika pupuk kompos yang baik yaitu sekitar waktu pagi hari atau sore hari. Mengapa? karena waktu pagi ataupun sore hari panas dari matahari tidaklah menyengat secara lanngsung. Karena papaaran sinar matahari langsung membuat risiko penguapan pada air tanah yang berlebihan.

7. Disesuaikan Dengan Jenis Tanaman

Seperti yang kita ketahui tidak semua tanaman membutuhkan kompos. Contohnya tanaman sayuran dan buah buahan merupakan jenis tanaman yang membutuhkan sedangkan tanaman sukulen ataupun kaktus merupakan jenis taaman yang tidak terlalu membutuhkan kompos, jadi silahkan kalian sesuaikan jumlah kompos dengan tanaman kalian.

Kesimpulan

Cara menggunakan kompos pada tanaman dengan baik dan benar ternyata bisa dilihat dari kebutuhan yang  tanaman kalian butuhkan, nutrisi yang tanaman kalian butuhkan, dan dari jenis tanaman yang kalian ingin berikan kompos.

Setelah membaca dan memahami beberapa cara di atas apakah kalian sudah dapat memahami dan menyimpulkan cara mana yang mungkin akan kalian terapkan untuk tanaman tanaman kalian? Semoga pembahasan mengenai cara menggunakan kompos pada tanaman kali ini bisa kalian terapkan dengan baik ya. Sampai bertemu di pembahasan kompos selanjutnya, see ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top